Kamis, 11 Februari 2021

Laporan Akhir 1 Modul 1





1.Jurnal [Kembali]




2.Alat dan Bahan [Kembali]

a. NOT Gate
b. AND Gate
c. NAND Gate
d. OR Gate
e. NOR Gate
f. XOR Gate
g. XNOR Gate
h. Clock
i.  logicstate
j.  logicprobe

3.Rangkaian Simulasi [Kembali] 

gambar rangkaian percoban 1 menggunkan logicstate

gambar rangkaian percoban 1 menggunkan logicstate
dan clock

4.Prinsip Kerja rangkaian [Kembali]

1. gerbang not
Pada saat inputnya berlogika 1, outpunya berlogika 0. Sedangkan saat input berlogika 0, outputnya berlogika 1.

2. gerbang and
Saat kedua input bernilai 1, outputnya juga akan bernilai 1. Sedangkan jika pada salah satu input terdapat logika 1, maka outputnya akan berlogika 0.

3. gerbang or
Jika pada salah satu inpunya terdapat logika 1 maka outputnya akan berlogika 1, sedangkan jika kedua inputnya berlogika 0, outputnya juga berlogika 0.

4. gerbang xor
jika inputnya bernilai ganjil maka outputnya adalah 1. Sedangkan jika kedua inputnya bernilai 0 atau 1 jika nilainya genap, maka inputnya adalah 0.

5. gerbang nand
Jika kedua inputnya bernilai 1, maka outputnya 0. Sedangkan jika pada salah satu input terdapat nilai 1, atau kedua input bernilai 0, maka outpunya adalah 1, kebalikan dari gerbang and.

6. gerbang nor
Jika pada input bernilai 0 keduanya, maka outpunya adalah 1. Sedangkan jika outputnya terdapat 1 atau keduanya 1, akan berlogika 0. Kebalikan gerbang or.

7. gerbang xnor
jika pada inputnya berlogika keduanya berlogika 0 atau 1 yang bernilai genap, maka inputnya akan 1, sedangkan jika inputnya ganjil akan berlogika 0.



5.Video Rangkaian [Kembali] 







6.Analisa [Kembali] 

1. Jelaskan prinsip kerja dari rangkaian dalam gerbang AND, OR, Not, NOR, dan NAND!

jawab:

·         Gerbang AND akan menghasilkan output berlogika 1 jika semua input berlogika 1. Dan outputnya akan berlogika 0 jika salah satu inputan nya terdapat logika 0.

·          Gerbang OR akan menghasilkan output berlogika 1 jika salah satu atau semua input berlogika 1, sedangkan output berlogika 0 jika semua input berlogika 0.

·         Gerbang NOT akan menghasilkan output kebalikan dari logika input

·         Gerbang NOR akan menghasilkan Keluaran Logika 0 jika salah satu dari Masukan (Input) bernilai Logika 1 dan jika ingin mendapatkan Keluaran Logika 1, maka semua Masukan (Input) harus bernilai Logika 0.

·         Gerbang NAND akan menghasilkan Keluaran Logika 0 apabila semua Masukan (Input) pada Logika 1 dan jika terdapat sebuah Input yang bernilai Logika 0 maka akan menghasilkan Keluaran (Output) Logika 1.

2. Bandingkan dan analisa hasil percobaan dengan masing-masing tabel kebenaran gerbang logika!

jawab:

 

Berdasarkan  hasil percobaan 1 yang telah dilaksanakan , hasil yang didapatkan sama  dengan teori yang yang ada pada semua gerbang logika

 

1)    Gerbang NOT

Berdasarkan teori, gerbang NOT dapat menghasilkan keluaran (output) yang berlawanan dengan masukan (input) yang sesuai antara tabel kebenaran dengan hasil percobaan yang dilakukan, yaitu :

 

B1(Input)

X(Output)

1

0

0

1

 

2)    Gerbang AND

Berdasarkan teori output akan bernilai "1" jika semua inputnya juga bernilai "1" dan jika salah satu input bernilai "0" maka, output juga akan bernilai "0", yang sesuai antara tabel kebenaran dengan hasil percobaan yang dilakukan, yaitu :

 

B0(Input)

B1(input)

X(output)

0

0

0

0

1

0

1

0

0

1

1

1

 

3)    Gerbang OR

Untuk gerbang OR, terdapat 2 buah input untuk menghasilkan 1 ouput untuk gerbang OR. Output akan bernilai "1" apabila atau semua input bernilai 0, yang sesuai antara tabel kebenaran dengan hasil percobaan yang dilakukan, yaitu :

 

 

 

B0(Input)

B1(input)

X(output)

0

0

0

0

1

1

1

0

1

1

1

1

 

4)    Gerbang XOR

Gerbang XOR merupakan gerbang yang akan bernilai "1" apabila inputnya memiliki logika yang berbeda, yang sesuai antara tabel kebenaran dengan hasil percobaan yang dilakukan, yaitu :

 

 

B0(Input)

B1(input)

X(output)

0

0

0

0

1

1

1

0

1

1

1

0

 

5)    Gerbang NAND

Gerbang NAND merupakan kebalikan dari gerbang logika AND, dan akan berada pada kondisi bernilai "1" apabila ada input yang bernilai 0, yang sesuai antara tabel kebenaran dengan hasil percobaan yang dilakukan, yaitu :

 

B0(Input)

B1(input)

X(output)

0

0

1

0

1

1

1

0

1

1

1

0

 

6)    Gerbang NOR

Gerbang NOR merupakan kebalikan Gerbang Logika OR, dan akan berada pada kondisi bernilai"1" apabila semua input bernilai 0, yang sesuai antara tabel kebenaran dengan hasil percobaan yang dilakukan, yaitu :

 

B0(Input)

B1(input)

X(output)

0

0

1

0

1

0

1

0

0

1

1

0

 

7) Gerbang NAND merupakan kebalikan dari gerbang logika AND, dan akan berada pada kondisi bernilai "1" apabila ada input yang bernilai 0, yang sesuai antara tabel kebenaran dengan hasil percobaan yang dilakukan, yaitu :

 

 

B0(Input)

B1(input)

X(output)

0

0

1

0

1

1

1

0

1

1

1

0

 

8)    Gerbang XNOR

Gerbang XNOR merupakan kebalikkan gerbang logika XOR,dan akan berada pada kondisi bernilai "1" apabila semua inputanya sama, yang sesuai antara tabel kebenaran dengan hasil percobaan yang dilakukan, yaitu :

 

 

 

B0(Input)

B1(input)

X(output)

0

0

1

0

1

0

1

0

0

1

1

 

1

Maka dapat dikatakan hasil yang didapatkan dalam praktikum sama dengan hasil yang ada pada teori


7.Link Download [Kembali] 

File HTML - download disini
File Simulasi Proteus - download disini
File Video - download disini